Mi Tropicana Slim Tiap Akhir Pekan, ya Gak Masalah Dong

Sudah bukan rahasia lagi, kalau anak-anak menggemari mi instan. Rasa gurih dan nikmat, yang selalu dinanti sama lidah anak-anak dan begitu pula kita, orang dewasa. Makan mi bisa jadi selingan kala kita bosan sehingga membutuhkan sedikit variasi dengan tidak melulu makan nasi. Mi termasuk makanan berat tapi tidak terlalu mengenyangkan. Memasak mi menjadi sajian makanan juga sangat praktis dan cepat. Kadang ketika aku hendak pergi menghadiri pengajian yang merupakan jadwal rutin pekanan atau seminar parenting yang diadakan sekolah anak-anak, paling praktis dan tidak memakan waktu lama menyediakan sarapan buat keluarga ya dengan memasak mi instan. Akan tetapi, rasa bersalah kerap menyelimutiku tiap saat menyajikan mi instan untuk keluarga, terutama anak-anak. Terbayang kalori yang tinggi, begitu juga lemak dan kandungan garamnya. Apalagi kalau memakan mi diiringi dengan sepiring nasi. Wuiihhh, double carbohydrate tuh! Serem, kan. Konon, orang Indonesia kalau belum makan nasi, maka dibilang masih belum makan alias hanya ngemil. Ckckck… Aku pernah lihat di tivi liputan tentang proses pembuatan mi instan. Ternyata mi dibuat dengan cara digoreng hingga kering. Kandungan lemak yang tinggi pada mi instan tersebut akan meluruh ketika dimasak. Itulah yang menyebabkan air rebusan mi menjadi keruh, bukan karena terdapatnya zat lilin yang melapisi mi instan seperti kabar yang beredar di masyarakat.

01air keruh

Air rebusan mi instan lain yang keruh

Ketika aku berbelanja di supermaket, melewati koridor rak berisi deretan berbagai mi instan, mataku berhenti pada susunan mi berbungkus warna merah yang sangat eyecatching. Tertarik, aku ambil 1 bungkusan dan aku baca yang tertera pada bungkusan tersebut tulisan Lebih Rendah Lemak, Lebih Rendah Natrium, Sumber 6 Vitamin & 1 Mineral, dan Sumber Serat. Bungkusan mi tersebut bermerk Tropicana slim. Tropicana Slim mengeluarkan produk mi? tanyaku membatin. Banyak orang mengetahui bahwa produk-produk Tropicana Slim lebih concern kepada produk yang peduli terhadap kesehatan tubuh, karena kandunganya yang Bebas Lemak, Bebas Gula, dan Bebas Alergi. Sedangkan mi instan yang kuketahui, yang sudah disebutkan di atas, kandungannya tinggi kalori, lemak, dan kadar garam. Merasa penasaran, aku beli satu bungkus saja karena memang harganya lebih mahal dibanding mi instan lainnya. Nanti di rumah, aku akan mencari tahu lebih banyak tentang Tropicana Slim Less Fat Noodles rasa Ayam Bakar ini.

02Mie Kering Ayam Bakar

Mi Kering Tropicana Slim

Ternyata, kandungan lemak pada sebungkus Mi Kering Tropicana Slim Ayam Bakar hanya 5 g dan kandungan kalori 240 kkal, sedangkan mi instan pada umumnya mengandung lemak cukup tinggi (sekitar 15 – 17 gram per bungkusnya) dan kandungan kalori yang sama tinggi yaitu sekitar 400 kkal.

Konsumsi lemak dan kalori yang berlebihan tentu saja penyebab peningkatan berat badan. Menurut RISKESDAS (2013), data menunjukkan bahwa 2 dari 10 orang pria dewasa mengalami obesitas dan 3 dari 10 wanita dewasa Indonesia mengalami hal yang sama.

Kalau kandungan garam (natrium) pada Tropicana Slim Less Fat Noodles Ayam Bakar cuma 480 mg, jauh sekali dibandingkan dengan mi instan merk lain yang rata-rata kandungan garam (natrium) berkisar antara 980 mg hingga 1.500 mg per bungkusnya. Konsumsi natrium (yang biasanya berasal dari garam pada produk makanan) lebih dari 2.000 mg berisiko meningkatkan hipertensi atau tekanan darah tinggi, menurut PERMENKES No. 30 tahun 2013.

Tabel Perbandingan mi kering Tropicana Slim dengan mi instan lainnya

tabel

03bandingan mi

Perbandingan Kandungan Mi

04kandungan

Kandungan Gizi

Aku coba memasaknya. Dan benar, air hasil rebusan mi berwarna kuning jernih yang menandakan kalau mi keluaran Tropicana Slim proses pengeringannya dengan cara dipanggang, bukan digoreng sehingga menjadi lebih sehat karena lebih rendah lemak, rendah kalori, dan rendah garam. Mi Tropicana Slim dikemas begitu rapi, disimpan pada wadah mika, kemudian dimasukkan dalam plastik bungkus luarannya yang berwarna merah cantik dan di sisi kanan terdapat motif megamendung yang merupakan batik Cirebon. Sungguh, Indonesia sekali. Mengenai rasa tidak mengecewakan, seperti yang dikhawatirkan kalau makanan yang kurang garam kan biasanya terasa hambar atau tawar atau adem. Rasa Tropicana Slim Noodles tetap enak. Kita bisa memvariasikan dengan memberi tambahan lauk telur ayam/bebek rebus, sosis, serta sayuran tomat dan mentimun dalam penyajiannya.

05kemasan mika

Tersimpan dalam Wadah Mika

Kini, sudah ada mi kering Tropicana Slim dengan rasa Ayam Bakar yang lebih sehat dan tetap lezat. Makan mi instan gak jadi masalah lagi dong, walau aku sajikan buat keluarga hampir tiap akhir pekan. Setiap memasuki hari Sabtu, anak-anak senang sekali, “Hore, besok Sabtu! Makan mi… Makan mi…,” seru mereka kegirangan.

08sepiring

Sepiring Hidangan Mi kering Tropicana Slim Ayam Bakar

09tsaqif makan mi

Anak-anak Suka Makan Mi Tropicana slim

***

Tulisan ini diikutsertakan dalam Blog CompetitionMakan Mi, Gak Masalah Dong!”

poster blog competition