Minuman Berenergi Aman Tidak Berbahaya, Menjadi Teman Bergadang

Berguru kepalang ajar, bagai bunga kembang tak jadi.

Artinya: Belajarlah sungguh-sungguh jangan tanggung-tanggung (ragu-ragu). Ilmu yang dituntut secara tidak sempurna, tidak akan bermanfaat.

Lagi senang mengutip peribahasa. Ini bukan tentang kisahku yang sedang menuntut ilmu. Adalah suamiku yang mendapat kesempatan belajar untuk memperoleh jenjang pendidikan S2 melalui jalur beasiswa. Puji syukur, tentu saja selalu terucap dari lisan kami. Namun, usia yang sudah tak muda lagi kerap menjadi keluhan bagi suami. Yang merasa cepat lelah, kurang konsentrasi, dan sering mengantuk. Padahal keluhan tersebut kalau bisa menjadi musuh utama bagi seorang mahasiswa. Jika tiap harinya harus berjibaku dengan tugas dan saat ini berjuang menyelesaikan tesis, bagaimana bisa menghadapinya dengan badan 4L (letih, lemah, lesu, lunglai)? Nah merujuk pada peribahasa di atas, tidak akan bermanfaat jika ilmu yang dituntut dengan tidak sempurna dan bersungguh-sungguh. Harus ada solusi untuk persoalan ini. Sepertinya, suami memerlukan minuman berenergi yang bisa membangkitkan semangatnya. Konon, Kratingdaeng jenis minuman berenergi yang aman dan tidak berbahaya. Minuman berenergi terbaik ini mengandung gula alami dan kafein hanya kurang/sama dengan 1 cangkir kopi, walau begitu tetap menambah stamina dan membuat semangat muncul lagi. Heh, serius lo? Sebenarnya minuman berenergi berbahaya, ngga sih? Biasa pertanyaan seperti ini yang selalu ada di benak kita kalau hendak mengonsumsi minuman suplemen penambah stamina. Yuk, kita jabarkan informasi tentang minuman energi terbaik Indonesia ini.

KANDUNGAN

Kratingdaeng termasuk jenis minuman berenergi yang aman dan tidak berbahaya bagi kesehatan, karena kandungan kafeinnya tidak kurang dari satu cangkir kopi dan menggunakan gula alami.

Pengertian minuman berenergi adalah minuman yang mengandung satu atau lebih bahan yang mudah dan cepat diserap oleh tubuh untuk menghasilkan energi dengan atau tanpa bahan tambahan makanan, dengan syarat total energi minimal 100 Kkal/sajian (SNI 01-668-2002). Sedangkan, definisi minuman berenergi menurut BPOM yaitu minuman yang jika dikonsumsi dalam jumlah yang wajar sesuai aturan minum perhari, maka dapat memberikan energi tidak kurang dari 300Kkal (KepDirjen POM RI No 02240/B/SK/VII/91), pangan yang dapat memberikan energy minimal 300 Kkal per hari (dari BPOM RI No HK 00.05.52.4321). Kratingdaeng sudah memenuhi standar BPOM RI. Kratingdaeng menggunakan gula alami dan dikemas praktis dalam botol yang bisa langsung diminum. Beda dengan minuman serbuk yang hanya mengandung 5-8 Kkal per sachet dan menggunakan pemanis buatan, seperti Aspartame. Minuman serbuk juga tidak praktis, karena tidak dapat langsung diminum.

Dalam tiap botol 50ml, kandungan kafein Kratingdaeng tidak kurang/sama dengan 1 cangkir kopi. Berdasarkan data FDA (Food and Drug Administration) Amerika, kandungan kafein yang dimiliki minuman energi Indonesia masih jauh di bawah kandungan kafein yang terdapat pada secangkir kopi sehingga sangat aman dikonsumsi setiap hari. Kratingdaeng bukan obat sehingga tidak memiliki efek samping dan tidak menimbulkan efek ketagihan. Seluruh kandungan dalam Kratingdaeng sudah sesuai dengan batas keamanan yang ditetapkan BPOM. Pabrik yang memproduksi Kratingdaeng berada di Sukabumi, sudah memperoleh sertifikasi ISO 9002 dan lulus uji keamanan pangan bahwa setiap produk yang dihasilkan telah melewati proses HACCP (Hazard Analysis & Critical Control Points) yang ketat.

MANFAAT

Sebagai minuman energi, selain kandungan gula dan kafein, tentunya komposisi dalam Kratingdaeng haruslah memiliki manfaat untuk tubuh. Di antaranya:

  1. Taurin (Taurine) merupakan asam amino yang banyak terkandung dalam ikan dan laktosa (ASI). Berguna memperbaiki fungsi kerja jantung, memaksimalkan fungsi otak, dan membantu proses sekresi enzim untuk metabolisme lemak dalam tubuh.
  2. Kafein merupakan antioksidan yang banyak ditemukan dalam kopi dan cokelat. Bermanfaat untuk menstimulasi saraf otak untuk meningkatkan proses metabolisme dan meremajakan sel-sel dalam tubuh dan meeningkatkan konsentrasi serta kewaspadaan.
  3. Inositol untuk meningkatkan proses metabolisme lemak.
  4. Vitamin B3 (Niacinamide) adalah komponen koenzim di dalam tubuh yang membantu mengkonversi karbohidrat dan lemak menjadi energi.
  5. Provitamin B5 (Dexpanthenol) adalah komponen koenzim yang berperan penting dalam metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein.
  6. Vitamin B6 (Pyridoxine HCl) membantu metabolisme asam amino dan lemak, serta berperan dalam pembentukan sel darah merah.
  7. Vitamin B12 (Cyanocobalamine) berperan dalam pembentukan sel darah merah, meningkatkan kerja sistem saraf, dan membantu dalam proses pembentukan jaringan yang melindungi serabut saraf.
  8. Kolin (Choline) untuk melindungi hati dan meningkatkan proses metabolisme lemak.
  9. Lisin (Lysine) untuk membantu proses produksi energi, menurunkan kadar kolesterol, serta membantu proses pertumbuhan tulang, kulit, dan pembentukan otot.
  10. Glukuronolakton untuk meningkatkan konsentrasi dan daya ingat, serta melindungi liver pada saat bekerja keras.

ATURAN PAKAI

Kratingdaeng dapat dikonsumsi sebelum dan sesudah beraktivitas, khususnya aktivitas-aktivitas yang membutuhkan ketahanan fisik dan mental yang tinggi. Seperti, para pelajar/mahasiswa yang mempunyai kegiatan padat di sekolah maupun kampusnya, para supir yang hendak bepergian keluar kota, para olahragawan yang hendak bertanding agar stamina selalu prima, dan masih banyak lagi.

Nah, suami bisa nih mengonsumsi Kratingdaeng sesaat sebelum bergadang untuk mengerjakan tugas-tugas atau tesisnya.

Untuk hasil yang lebih optimal, sebaiknya meminum Kratingdaeng sekitar 30-60 menit sebelum beraktivitas baik fisik maupun mental. Untuk konsumsi sehari-hari/aktivitas ringan cukup 1 botol per hari secara rutin, sedangkan aktivitas yang lebih berat bisa mengonsumsi 3 botol per hari.

Kratingdaeng yang telah memenuhi standar BPOM RI dan juga memperoleh banyak penghargaan setiap tahun berturut-turut.

PRESTASI

Minuman berenergi Kratingdaeng adalah minuman energi kelas dunia dengan standar Internasional. TC Pharmaceutical yang menaungi Kratingdaeng, pertama kali memformulasikannya di Thailand pada tahun 1962. Kemudian Kratingdaeng dipasarkan ke seluruh dunia menggunakan merek dagang RedBull dengan standar kualitas dan keamanan internasional. Rasa dan aroma lokal disesuaikan dengan selera orang Indonesia. Kratingdaeng adalah minuman Energi Terpercaya Pilihan Indonesia yang meraih Indonesian Customer Satifaction Award (ICSA) selama 15 tahun berturut-turut. Sejak pertama diluncurkan, hanya Kratingdaeng yang berhasil meraih penghargaan ICSA. Selain itu, Kratingdaeng pun pernah meraih penghargaan terbanyak dan paling bergengsi di kategori minuman energi, di antaranya:

  • Indonesian Best Brand Award
  • Top Brand Award
  • Indonesia Most Favorite Youth Brand
  • Wow Brand Champion
  • Social Media Award
  • Super Brand Award

ISU

Benarkah minuman energi menyebabkan kematian? Banyak kasus kematian diakibatkan over dosis kafein produk minuman energi yang diimpor dari luar negeri. Kandungan kafein minuman impor tersebut terlalu tinggi sampai 500ml/sajian atau 10x lebih tinggi dari kopi, sehingga menyebabkan jantung berdebar. Minuman energi luar negeri juga tidak mengantongi izin resmi dari BPOM sehingga keamanannya tidak terjamin. Ada kabar bahwa beberapa produk Kratingdaeng illegal dilarang beredar di Indonesia? Benar, karena produk tersebut diimpor secara ilegal dari luar negeri sehingga tidak mengantongi izin dari BPOM. Konsumen disarankan hanya mengkonsumsi produk yang mencantumkan Nomer BPOM. Jadi pastikan bahwa Kratingdaeng yang anda minum diproduksi di Indonesia sehingga aman bagi kesehatan.

Setelah mengetahui uraian di atas, perlulah suami mengonsumsi minuman berenergi Kratingdaeng sebagai suplemen penambah stamina, agar tugas belajarnya dapat selesai pada waktunya.

***

Tulisan ini diikutkan dalam kontes blog menulis artikel dengan judul “Kratingdaeng Minuman Energi Aman Tidak Berbahaya”

8 thoughts on “Minuman Berenergi Aman Tidak Berbahaya, Menjadi Teman Bergadang

  1. Dulu temen2ku kalo pas pelajaran lari di sekolah suka minum ini, aku ngga mau karena takut. Walhasil selalu dapet nomor dua dari belakang hehe. ternyata ngga berbahaya yaa

    Like

    • Konon begitu mak rahmi, tp tentunya sesuai dosis pemakaian, tdk berlebihan… Btw, gapapa lah dpt nomor dua, seenggaknya bukan yg plg akhir ๐Ÿ˜€ hehehe…

      Like

Comments are closed.