Menu Favorit

Jika seorang istri masak dan masakannya disukai suami, rasanya senang yang tak cukup diungkapkan dengan kata-kata. Wajah sumringah dan hati berbunga-bunga. Itulah yang kurasakan ketika masakanku disukai oleh suami.

Hidup mandiri setelah 6 tahun menikah tinggal bersama orangtua, memaksaku harus bisa memasak, menyiapkan makanan untuk suami dan ketiga anak yang masih balita. Berbagai buku maupun artikel resep dicari, dibaca, dipelajari, dan dicoba praktekkan. Ada yang berhasil dan banyak pula yang gagal, hehehe… Berhasil di sini maksudnya, rasa masakan minimal tidak keasinan, tidak gosong, dan juga penampakannya tidak mengecewakan, tidak membuat orang yang melihatnya ingin muntah, ya. Pokoknya not bad lah… 😛

Adalah ati ampela bumbu rujak, salah satu masakanku yang berhasil dan jadi menu favorit suami. Memang masakan ini memakai bumbu seperti bumbu rujak, yaitu cabe dan gula merah sehingga rasanya manis dan pedas-pedas gitu, selaiknya sedang ngerujak. Layak untuk dipraktekkan sendiri di rumah. Cocok untuk menu arisan keluarga atau acara buka puasa bersama keluarga besar. Alhamdulillah, menu ini selalu laris manis, habis tak tersisa.

Foto menu masakan ini pun pernah diikutkan dalam lomba Foto Kuliner Khas Kampung Koe yang diadakan Ezy Living Club Tupperware dan terpilih menjadi pemenang FOTO KULINER KHAS KAMPUNG KOE untuk bulan AGUSTUS 2012.

Gambar

Ati Ampela Bumbu Rujak

Bagi yang ingin mencoba memasaknya sendiri, di bawah ini resepnya.

Ati Ampela Bumbu Rujak

Bahan:
10 pasang ati ampela ayam, dipotong sesuai selera
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, dimemarkan
100 ml santan atau 1 sachet santan instan

Bumbu halus:
10 buah cabe merah
8 butir bawang merah
4 siung bawang putih
1 buah tomat
½ sdt garam
1 buah gula merah

Cara membuat:

  1. Rebus ati ampela hingga sedikit empuk. Sisakan sedikit air rebusannya.
  2. Tumis bumbu halus, masukkan daun salam dan lengkuas sampai harum.
  3. Masukkan ati ampela dan sedikit air kaldu sisa rebusannya. Tambahkan santan. Aduk rata. Masak hingga bumbu meresap.

Mudah, bukan. Selamat mencoba dan menikmatinya…

Tulisan ini dibuat dalam rangka ikutan proyeknya Pakdhe Cholik, Komandan Blog Camp yang akan membuat buku bersama Warung Blogger. Ada beberapa tema, yakni parenting, travel, olahraga, teknologi, sains, dan masih banyak lagi. Saya memilih tema resep dan masakan karena memang saya pernah membuat masakan ini dan ingin membaginya dengan yang lainnya. Resep ini bukan saya yang menciptakan, saya menemukannya di majalah resep dan mengembangkannya sendiri.